Thursday, October 1, 2020

BELAJAR DI RUMAH TETAP MENYENANGKAN

                                                             IDA LIANA,M.Pd


          Pada tanggal 24 Maret tahun 2020, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran  nomor 4 tahun 20202 tentang  pelaksanaan Kebijakan pendidikan Dalam Masa Darurat  Penyebaran Covid-19, dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. 

PJJ ada beberapa macam, seperti pembelajaran secara daring, luring, dan kombinasi daring-luring. Selain  itu pemerintah juga menggalakan program Guling atau guru keliling.  Pembelajaran ini juga dilasanakan di sekolah khusus seperti SLB dan sekolah inklusi.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui penggunaan berbagaai  media komunikasi (Permendikbud No.109/2013} Pengertian PJJ (dikutip dari kopertis3.or.id) adalah proses pendidikan yang terorganisasi yang menjembatani keterpisahan antara siswa dengan pendidik dan dimediasi oleh pemanfaatan teknologi, dan pertemuan tatap muka yang minimal.

Dengan PJJ menggunakan model daring peserta didik memiliki keleluasaan waktu belajar, dapat belajar kapanpun di rumah. Peserta didik dapat berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti classroom, video converence, telepon atau live chat, zoom maupun melalui whatsapp group. Pembelajaran daring dilakukan dengan disesuaikan kemampuan masing-masing guru, siswa dan orang tua.

Selama stay  at home dimasa pandemi ini, saya sebagai guru SLB juga melaksanakan pengajaran dari rumah. Pembelajaran daring merupakan inovasi pendidikan untuk menjawab tantangan akan ketersediaan sumber belajar yang variatif. Keberhasilan dari suatu model dan media pembelajaran tergantung dari karakteristik peserta didiknya.

Saya mengajar  peserta didik kelas 1 SDLB Autis dan tunagrahita di SLBN B Pembina Tingkat Provinsi Jawa Barat, dengan jumlah peserta didik sebanyak 3 orang dengan karakteristik yang berbeda-beda. Semua tugas  yang saya berikan kepada peserta didik diberikan secara online melalui aplikasi WhatsApp atau mengirimkan print out melalui aplikasi ojek online. Namun yang pasti harus dilakukan adalah pemberian tugas melalui pemantauan pendampingan oleh guru melalui whatsapp grup sehingga anak betul-betul belajar. Kemudian guru-guru juga bekerja dari rumah dengan berkoordinasi dengan orang tua, bisa melalui video call maupun foto kegiatan belajar anak dirumah untuk memastikan adanya interaksi antara guru dengan orang tua.

Gambar 1. Photo interaksi guru dengan orang tua di WhatsApp

     

Mata pelajaran yang saya berikan  adalah berbentuk tematik (Bahasa Indonesia,  dan PJOK). Untuk materinya disesuaikan dengan Kompetensi Inti (KI) (pengetahuan dan keterampilan) dan Kompetensi Dasar (KD) dari segi pengetahuan dan keterampilan.

Tabel 1. Mata Pelajaran, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar

Mata Pelajaran

Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Dasar (KD)

Autis

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

Tunagrahita

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Autis

Bahasa Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

Tunagrahita

Bahasa Indonesia

 

 

3. Pengetahuan

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

 

3.   Pengetahuan

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

 

 

3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan sederhana tentang perawatan tubuh dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dibantu dengan kosakata bahasa daerah

 

 

 

 

 

3.2 Mengenal teks arahan/petunjuk sederhana tentang perawatan tubuh dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah

 

 

 

4.  Keterampilan

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencer-minkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

 

2.         Keterampilan

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

 

 

4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk sederhana tentang merawat tubuh dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dibantu dengan kosakata bahasa daerah

 

 

 

 

4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk sederhana tentang merawat tubuh dalam bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah

 

 

 

Autis

PJOK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tunagrahita

PJOK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Autis

PJOK

 

 

 

 

 

Tunagrahita

PJOK

3. Pengetahuan

 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

 

 

3.   Pengetahuan Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

 3.5. Mengenal bagian-bagian    tubuh sendiri

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2 Mengenal gerak dasar lokomotor ( jalan, lompat, lari) dan non-lokomotor (memutar, mendorong, menarik) sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan musik

 

 

4. Keterampilan

 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

 

4.   Keterampilan

Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

 

4.5. Mengenal bagian-bagian tubuh sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor (langkah, jalan, lompat) dan non-lokomotor (memutar, mendorong, menarik) sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/

 Bahan ajar yang saya berikan berbentuk (1). Bacaan singkat dengan dilengkapi latihan seperti menjawab pertanyaan dari bacaan tersebut , (2). Gambar-gambar yang menarik disesuaikan materi,  (3). Video pembelajaran sesuai materi atau video praktik, (4). Lembar pertanyaan berbentuk essay seperti jawaban singkat, dan menjodohkan, (5). Lembar tugas berbentuk praktik.

Untuk pelajaran praktik selama belajar di rumah (BDR) saya memfaatkan situasi pandemi virus corona Covid-19 dengan memanfaatkan lingkungan rumah sebagai sumber belajar.  Materi pembelajaran praktik yang saya berikan seperti bagaimana memakai masker yang benar. Kegiatan ini sangat disenangi oleh siswa, orang tua, dan saudara karena mereka dapat berinteaksi langsung dengan semua yang ada di rumah.

Format materi untuk bahan ajar  dan tugas dibuat  dalam bentuk microsoft world dan microsost excel. Ini untuk memudahkan materi pembelajaran yang saya sampaikan. Tugas berupa essai  dan praktik dibuat dalam bentuk file dokumen  FDF, dan dikirim melalui whatsApp orang tua atau assiten rumah tangga.

Proses pembelajaran  walaupun secara daring  menggunakan video call whatsApp tetap dilakukan seperti tatap muka di sekolah sehingga siswa merasa tetap bersekolah walaupun secara daring. Pembelajaran  dimulai dengan pembukaan seperti menjawab salam guru, berdoa, dan guru menyapa peserta didik seperti apa khabar, bagaiman keadaan hari ini, sudah mandi atau belum, sudah makan atau belum, bagaimana perasaannnya hari ini. Setelah itu guru menyampaikan tujuan dan materi pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus melalui orang tua.

Setelah pelajaran pembuka selesai, dilanjukan  ke kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan tahapan sintak (berupa  pemberian stimulus, menyusun, menyimpulkan dan mengelolah informasi).  Pertama: guru melalui orang tua anak berkebutuhan khusus (ABK) menugaskan peserta didik mengerjakan tugas yang sudah dikirim berbentuk dokumen FDF di whatsApp atau tugas yang sudah di print out yang akan dikirim melalui ojek online untuk pembelajaran secara daring selama satu minggu kedepan.

TABEL 2

DAFTAR PELAJARAN KELAS I SDLB SELAMA PANDEMI

WAKTU

SENIN

SELASA

RABU

KAMIS

JUMAT

Disesuaikan dengan kondisi anak dan orang tua

Tematik

Tematik

tematik

Tematik

tematik

 Kedua: guru mengirimkan cara memakai masker yang benar. Peserta didik memperagakannya

                    Gambar 2. Peserta didik belajar memakai masker

 

   Kegiatan terakhir, Guru bertanya ke peserta didik seperti bagaimana belajar di rumah, apakah menyenangkan?, Guru menjelaskan kepada orang tua ABK semua tugas yang sudah selesai dikumpulkan lalu dikirim melalui ojek online yang berbentuk print out, dan dikirim di WhatsAap untuk kegiatan belajar praktik berbentuk video dan photo. Dan peserta didik menjawab salam guru ketika guru mengakhiri kegiatan pembelajaran.

Untuk penilaian menggunakan penilaian (1). Penilaian sikap : Pengamatan sesuai dengan instrument sikap (disiplin, bertanggung jawab, jujur). (2) Penilaian Pengetahuan : Mengerjakan LKS sesuai instrument dan rubik pengetahuan. (3). Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja atau praktik sesuai instrument dan lembar ceklis penilaian keterampilan

                Gambar 2. Photo Form Praktik memakai masker       


Kendala selama mengajar jarak jauh atau daring selain masalah Internet suka lemot. Soal biaya kuota internet yang dinilai membebani orangtua, berdampak  dengan adanya penambahan biaya pembelian kuota internet bertambah, teknologi menggunakan internet secara daring memerlukan koneksi jaringan ke internet dan kuota.

Tantangan yang dihadapi selama PJJ bagi orang tua dan guru: pertama  kondisi psikologi anak ABK. Perubahan lingkungan belajar dirumah  akan berdampak masalah pada psikologis ABK, misalnya lingkungan rumah yang tidak nyaman, akan memberi  dampak belajar anak.

Tantangan  kedua adalah peran orang tua, saudara dan asisten rumah tangga untuk selalu memantau perkembangan belajar anak lewat komunikasi dengan guru. Pembelajaran yang diberikan guru mesti dilanjutkan oleh orang tua dan dilatihkan secara terus menerus.

Beberapa dampak tantangan yang lain  dirasakan peserta didik  khususnya ABK yaitu murid belum ada budaya belajar jarak jauh terutama untuk ABK autis, karena selama ini sistem belajar dilaksanakan adalah melalui tatap muka, murid terbiasa berada di sekolah untuk berinteraksi dengan teman-temannya, bermain dan bercanda gurau dengan teman-temannya serta bertatap muka dengan para gurunya.

Dengan adanya metode PJJ membuat para murid perlu waktu untuk beradaptasi dan mereka menghadapi perubahan baru yang secara tidak langsung akan mempengaruhi daya serap belajar mereka. Terutama untuk ABK seperti anak autis sering mengalami tantrum.

Solusi lain untuk mengatasi kendala tersebut  ketika BDR bagi orang tua ABK, yakni: (1). Orang tua senantiasa harus memahami mood anak sebelum memulai aktivitas belajar, terutama anak mereka yang berkebutuhan khusus  autis yang mempunyai karakter berbeda dengan anak normal lainnya. (2). Sebaiknya orang tua di rumah melakukan kegiatan atau aktivitas  yang menyenangkan seperti belajar  sambil bermain. (3). Ajaklah anak berkomunikasi setiap hari walaupun hanya satu kata dan lakukan sentuhan-sentuhan kasih sayang yang membuat anak merasa jika orang tuanya sangat menyanyangi mereka. 

Imbas dari pandemi virus Corona Covid-19 ini adalah orang tua jadi lebih sering mengenal anaknya sendiri,  dan sering berkomunikasi serta berinteraksi dengan guru. Disamping itu, orang tua dapat merasa aman karena anak ada di rumah.

Saran untuk orang tua anak berkebutuhan khusus terutama anak autis selama stay at home belajar di rumah. Orang tua sebaiknya lebih memahami kondisi dan karakteristik anak mereka karena berbeda dengan anak normal, harus ekstra sabar, ketika belajar buat anak merasa nyaman, disarankan belajar bisa sambil bermain sehingga anak tidak cepat bosan dan tantrum. Komunikasi orang tua dengan guru harus terus berlanjut, walaupun masa stay at home sudah tidak berlaku.  

Daftar Pustaka

https://www.padamu.net/pengertian-pendidikan-jarak-jauh-menurut-ahli, Pengertian Pendidikan Jarak Jauh Menurut Ahli, diakses 4 September 2020, Jam 9.25 am

Kompas Online, Orangtua Murid Keluhkan Sejumlah Kendala Selama Anak Belajar Online, https://www.kompas.tv/article/93737/orangtua-murid-keluhkan-sejumlah-kendala-selama-anak-belajar-online, diakses 4 September 2020, Jam 10.05 am

https://health.kompas.com/read/2020/04/08/160000168/yang-harus-kita-pahami-mengenai-pemakaian-masker-saat-pandemi?page=all

Tuesday, September 29, 2020

MENGENALKAN SEJARAH KERAJAAN SUMEDANG LARANG KEPADA GENERASI MILENIAL (Generasi Milenial_Generasi Yang Cinta Akan Sejarah Daerahnya)

 

Oleh Ida Liana, M.Pd


Tahun ajaran 2018/2019 saya mendapat tugas sebagai guru IPS, salah satunya mata pelajaran sejarah di SMALB tunarungu dan tunanetra. Ini kali pertama saya mengapat tugas mengajar mata pelajaran tersebut karena sebagai guru pendidikan khusus di SLB biasanya saya mendapat tugas mengajar di kelas SMPLB dan SDLB.

Tidak mudah menjadi seorang guru pendidikan khusus atau anak cacat, Kita tidak hanya pintar tetapi harus mampu menciptakan metode dan trik khusus untuk mengajar mereka. Anak berkebutuhan khusus atau anak cacat berbeda dengan anak normal. Karakteristik mereka mereka bermacam-macam, salah satu karakteristik yang menonjol dari anak berkebutuhan khusus adalah bila dia menyukai seorang guru, Dia hanya ingin guru yang dia sukai yang mengajarnya dan tidak mau ke guru yang lain. Guru yang professional memiliki keakraban dengan siswa-siswinya, memiliki komunikasi yang baik terhadap siswa-siswinya, membuat suasana kelas nyaman dan mengasikan.

Anak berkebutuhan khusus pun menurut Hallahan dan Kauffman dalam Andi Wijaya (2017) memerlukan pendidikan dan layanan yang khusus agar potensi kemanusiaan yang mereka miliki dapat berkembang. Anak berkebutuhan khusus sudah jelas tampak berbeda dengan anak kebanyakan dalam satu atau lebih hal semisal: adanya keterbelakangan mental, ketidakmampuan belajar atau gangguan atensi, gangguan emosi atau perilaku, hambatan fisik, hambatan berkomunikasi, autisma, hambatan pendengaran, hambatan penglihatan atau keberbakatan dan kecerdasan istimewa.

 

 

Salah satu karakteristik  belajar dari anak berkebutuhan khusus salah satunya adalah harus kongkrit apa lagi untuk pelajaran sejarah. Sebagai guru anak berkebutuhan khusus ini adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi sehingga di depan siswa zaman now atau sering disebut generasi milenial saya harus membuat pelajaran sejarah dapat di mengerti, dan menyenangkan dalam kontek pengajaran kekinian bukan hanya sekedar hafalan.  Generasi milenial tidak hanya anak normal tetapi anak berkebutuhan khusus juga termasuk generasi milenia. Generasi milenial lahir ketika handphone dan media sosial mulai muncul di Indonesia, sehingga wajar apabila generasi ini lebih melek teknologi dibanding generasi-generasi sebelumnya (Republika, 2016).

Dengan memfaatkan teknologi seperti handphone, komputer  saya dapat mengajarkan sejarah. Beredarnya film-film sejarah di youtube tentu bisa membantu siswa untuk belajar dari sebuah peristiwa atau tokoh sejarah. Salah satu materi pelajaran  sejarah yang dapat di lihat di youtube adalah sejarah tentang Kerajaan Sumedang Larang di Kabupaten Sumedang. Asal Usul kerajaan Sumedang larang dalam Adeng Lukmantara (Emut  Muchtar Wordpress, 2016) pada awalnya merupakan sebuah kabuyutan /kabataraan yang didirikan oleh Prabu Aji Putih,. Dalam sejarah kerajaan Sunda atau Galuh disamping kekuasaan raja, juga ada suatu bentuk kekuasaan keagamaan yang diakui sebagai daerah yang sangat dihormati, dan punya otoritas dalam keagamaan, yang disebut dengan kabuyutan atau ada yang menyebut dengan kabataraan. Ketika pusat kabuyutan sunda di karantenan gunung sawal berubah menjadi kerajaan Panjalu dibawah pimpinan Rangga Sakti, maka pada saat itu seolah sudah tidak ada lagi kabuyutan atau kabataraan di lingkungan kerajaan sunda Galuh. Karena itu Prabu Suryadewata sebelum keraton Galuh di pindahkan ke Pakuan (Bogor sekarang) memerintahkan kepada Prabu Aji Putih untuk mendirikan kabuyutan / pusat keagamaan di Tembong Agung.

Prabu Suryadewata merupakan raja Galuh, putra dari  Prabu  Ajiguna Wisesa, seorang Raja Sunda Galuh yang berkuasa dari tahun   1333 sampai dengan tahun 1340 M. Dalam Carita parahiyangan Prabu Ajiguna Wisesa ini disebut hanya tempat meninggalnya “Nu hilang di Kidding” (yang Hilang di Kidding). Prabu Ajiguna Wisesa mempunyai 3 orang anak, yaitu Prabu Ragamulya Luhur Prabawa ( mp. 1340-1350 M) atau terkenal dengan nama Sang Aki Kolot. Ia kemudian menggantikan tahtanya di kerajaan Sunda. Yang kedua Dewi Kiranasari merupakan anak kedua, yang menikah dengan Prabu Arya Kulon. Dan yang ketiga Prabu Suryadewata, merupakan  anak bungsu, yang kemuudian  diangkat  menjadi Raja (Ratu) Galuh. Mendapat perintah raja kemudian Prabu Aji Putih mendirikan kabuyutan yang dinamai Tembong Ageung  di Leuwi Hideung (sekarang berada di kecamatan Darmaraja). Tembong Agung berarti Kelihatan besar / luhur (tembong berarti kelihatan, sedang agung berarti besar dan luhur). Seiring dengan perubahan zaman dan kepemimpinan, nama Kabuyutan Tembong Ageung  mengalami beberapa kali perubahan nama. Putra dari Aji putih yang bernama Prabu Tajimalela, yang kemudian menggantikannya sebagai penguasa kabuyutan, mengganti Tembong Ageung  dengan nama Himbar Buana, yang berarti menerangi alam. Setelah melakukan pertapaan Prabu Tajimalela, seolah mengalami pencerahan, dan ia   berkata:” Insun medal insun madangan.” (artinya: Saya dilahirkan saya menerangi). Dan dari perkataan Tajimalela inilah kemudian nama Sumedang Larang diambil. Dengan demikian kata Sumedang berasal dari kata insun madangan yang disingkat Sumedang, yang  berarti saya menerangi, dan ada juga yang menulis berasal dari kata insun medal yang mengalami perubahan pengucapan. Sedang kata Larang berarti sesuatu yang tidak ada tandingannya. Raja-raja yang berkuasa di Sumedang Larang, adalah:

1.        Prabu Aji Putih

2.        Prabu Tajimalela

3.        Prabu Lembu Agung (Lembu Peteng Aji)

4.        Prabu Gajah Agung

5.        Sunan Pagulingan

6.        Sunan Guling

7.        Sunan Tuakan

8.        Nyi Mas Ratu Patuakan

9.        Ratu Pucuk Umun

10.    Prabu Geusan Ulun (mp. 1578-1608 M)

 

1.        PRABU AJI PUTIH

Prabu resi Aji putih adalah seorang resi trah Galuh (masih keturunan bangsawan galuh), yang dianggap sebagi perintis dari kerajaan Sumedang Larang. Ia diyakini merupakan keturunan dari Aki Balangantrang, cucu Wretikandayun (pendiri kerajaan Galuh), dan merupakan inspirator dalam kudeta Ciung Wanara (Sang Manarah) di tanah  Galuh. Ia datang ke suatu kampung yang bernama Cipaku, yang letaknya di pinggir sungai Cimanuk (kampung Muhara, desa Leuwihideng, kecamatan Darmaraja Sumedang). Disini ia melakukan perubahan tatanan pemerintahan dan masyarakat, yang konon daerah ini sudah ada sejak abad ke-8 M. Pengaruhnya semakin kuat sehingga kekuasaanya meluas hingga sepanjang walungan (sungai) Cimanuk, hingga berdirinya kerajaan Tembong Ageung. Tembong Ageung berarti Kelihatan besar / luhur. Prameswari prabu Aji Putih bernama Nyi Mas Ratu Ratna  Inten  atau terkenal juga dengan nama Nyi Mas Dewi Nawang Wulan, putri dari Jagat Jayanta Dari perkawinanya ia mempunyai anak yang bernama Tajimalela, yang kemudian menggantikannya. Setelah meninggal Prabu Aji Putih dimakamkan di Astana Cipeueut, desa Cipaku Darmaraja. Dalam cerita rakyat , Prabu Aji Putih dikatakan telah memeluk agama Islam, tetapi cerita ini harus diteliti dengan jelas.

2.        PRABU TAJIMALELA

Prabu Tajimalela atau Batara Tuntang Buana (Prabu Agung Resi Cakrabuana), dianggap sebagai pokok  berdirinya kerajaan Sumedang Larang. Ia meneruskan kekuasaan ayahnya, Prabu Guru Aji Putih. Pada zamannya  nama kerajaan kemudian diganti dengan nama Himbar Buana, yang berarti Menerangi alam. Tetapi setelah ia bertapa ia mengubahnya menjadi kerajaan Sumedang Larang, meskipun ibukotanya tetap di daerah Leuwihideung Darmaraja.

Prabu Tajimalela pernah berkata Insun medal insun madangan.” (artinya: Saya dilahirkan saya menerangi) dari perkataan Tajimalela inilah kemudian nama Sumedang Larang diambil. Dengan demikian kata Sumedang berasal dari kata insun madangan yang disingkat Sumedang, yang  berarti saya menerangi, dan ada juga yang menulis berasal dari kata insun medal yang mengalami perubahan pengucapan. Sedang kata Larang berarti sesuatu yang tidak ada tandingannya. Prabu Tajimalela  hidup sezaman  dengan  Maharajara Sunda yang bernama  Luhur Prabawa (mp. 1340-1350 M). Situs peninggalan Prabu Tajimalela berupa Lingga di situs gunung Lingga. Prabu Tajimalela mempunyai 2 orang putra, Prabu Lembu Agung, Prabu Gajah Agung. Berdasar Layang Darmaraja, Prabu Tajimalela memberi perintah  kepada kedua putranya (Prabu Lembu Agung dan Prabu Gajah Agung), yang satu menjadi raja dan yang satunya lagi menjadi wakilnya. Tapi keduanya tidak bersedia, oleh karena itu  Prabu Tajimalela memberi ujian kepada keduanya, jika kalah harus jadi raja). Kedua putranya diperintahkan  pergi ke Gunung Nurmala (sekarang gunung sangkan jaya), dan diperintahkan harus menjaga sebilah pedang dan kelapa muda (duwegan). Tetapi gajah Agung karena merasa kehausan membelah duwegan (kelapa muda) dan meminumnya, sehingga ia kemudian dinyatakan kalah. Dengan demikian Prabu gajah Agung harus menjadi raja, tetapi harus mencari ibukota sendiri. Dan Lembu Agung kemudian menjadi resi, tetapi ia tetap menjadi raja sementara di Leuwi hideng untuk memenuhi wasiat tajimalela Karena itu  Prabu lembu Agung kemudian terkenal dengan nama Prabu Lembu Peteng Aji. Disamping Prabu lembu agung dan prabu gajah agung, ia juga mempunyai anak yang bernama Sunan Geusan Ulun. Prabu Lembu Agung dan keturunannya tetap berada di Darmaraja, sedang Sunan Geusan ulun dan keturunannya tersebar di Limbangan, Karawang, dan brebes.

3.        PRABU LEMBU AGUNG (LEMBU PETENG AJI)

Prabu lembu Agung menggantikan posisi ayahnya sebagai Raja di kerajaan Tembong Agung, yang waktu itu mulai terkenal dengan nama Sumedang. Nama sebenarnya Pangeran Jayabrata, dan setelah naik tahta bergelar Prabu Lembu Agung. Ia merupakan putra pertama Tajimalela, yang lebih memilih menjadi resi daripada jadi raja, karena itu ia terkenal dengan nama  Prabu Lembu peteng aji. Ia berkuasa jadi raja hanya untuk memenuhi wasiat ayahnya, Prabu tajimalela. Setelah beberapa tahun berkuasa ia kemudian menyerahkan kekuasaanya kepada adiknya, Prabu Gajah Agung.

Setelah meninggal ia dimakamkan di Astana Gede, desa Cipaku kecamatan Darmaraja, Sumedang, letaknya kira-kira 500 meter dari makam kakek dan neneknya, Prabu Guru Aji Putih dan Nyi Mas Ratu Ratna Inten atau Nyi Mas Dewi Nawangwulan.

4.        PRABU GAJAH AGUNG

Prabu Gajah Agung, menjadi raja Sumedang Larang, menggantikan kakaknya, Prabu Lembu Peteng aji,  yang memilih menjadi resi. Nama sebenarnya adalah Pangeran Atmabrata, dan setelah menjadi raja ia bergelar Prabu Gajah Agung. Pada masanya, ibukota kerajaan dipindahkan ke Ciguling (desa Pasanggrahan, Sumedang selatan sekarang). Ia mempunyai anak yang bernama Pangeran Wirajaya, yang kemudian menggantikannya, dengan gelar Sunan Pagulingan. Setelah meninggal, Prabu Gajah Agung kemudian dimakamkan di Kampung Cicanting, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, Sumedang.

5.        SUNAN PAGULINGAN

Sunan Pagulingan atau Prabu Pagulingan merupakan putra dari Prabu Gajah Agung. Nama sebenarnya Pangeran Wirajaya, dan setelah  menjadi raja bergelar Sunan Pagulingan. Ia tinggal di Cipameumpeuk. Ia berkuasa dengan ibukota di Ciguling (desa Pasanggrahan, Sumedang Larang). Ia mempunyai 2 orang anak, yaitu Nyai Ratu Ratnasih, dan terkenal dengan nama  Nyai Rajamantri, diperisteri oleh raja Pajajaran (raja Sunda), dan Pangeran  Mertalaya. Karena Ratnasih  menjadi prameswari  maharaja Sunda, maka raja Sumedang Larang  jatuh kepada adiknya, Merlaya, yang kemudian terkenal dengan nama Sunan Guling. Setelah wafat, ia dimakamkan di Ciguling.

6.        SUNAN GULING

Nama aslinya Pangeran Mertalaya, dan merupakan anak kedua dari Sunan Pagulingan. Kakaknya, yang bernama Nyi Ratu Retnasih diperistri raja pajajaran dengan gelar Nyi Rajamantri, dan pindah ke ibukota Pakuan. Sehingga raja Sunda jatuh kepadanya, dengan gelar Sunan Guling. Ia berkuasa dengan ibukota di Ciguling, (desa Pasanggrahan sekarang, Sumedang Selatan). Setelah meninggal. Ia dimakamkan di Ciguling, dan tahta jatuh pada anaknya yang bernama Pangeran Tirtakusuma, dan setelah menjadi raja bergelar Sunan Tuakan atau Sunan Patuwakan.

7.        SUNAN PATUAKAN

Sunan patuakan atau Tirtakusuma menjadi penguasa Sumedang larang menggantikan ayahnya, Sunan Guling. Ia dimakamkan di Heubeul Isuk, desa Cinanggerang. Ia kemudian digantikan oleh anaknya, Sintawati yang terkenal dengan nama Nyi Mas Patuakan.

8.        NYI MAS PATUAKAN / SUNAN CORENDA

Nyi Mas Patuakan atau Sintawati menjadi raja Sumedang menggantikan ayahnya, Sunan Patuakan. Sintawati menikah dengan Sunan Corenda  (Sunan Corenda adalah raja Talaga, putra dari Ratu Simbarkancana di kusumalaya, sedang Kusumalaya merupakan putra dari Dewa Niskala, penguasa Galuh. Nyi Mas Ratu Patuakan mempunyai  seorang putri yang bernama Nyi Mas Ratu Inten Dewata  (1530-1578 M), yang kemudian menggantikannya, dan bergelar Ratu pucuk umun. Sunan Corenda adalah putra Sunan parung, cucu Prabu Ratu Dewata

9.        RATU PUCUK UMUN  (1530-1578 M) / PANGERAN SANTRI

Ratu Pucuk umun atau ratu Inten Dewata  naik tahta Sumedang Larang menggantikan ibunya, Nyi Mas Ratu Patuakan dan ayahnya, Sunan Corenda.  Ia merupakan  seorang keturunan rajaraja sumedang kuno, yang kemudian masuk Islam, dan berkuasa bersama suaminya, Pangeran Santri memerintah Sumedang Larang.  Pada masanya ibukota  kerajaan Sumedang Larang dipindahkan dari Ciguling ke Kutamaya. Pada pertengahan abad ke-16 M, mulailah corak agama Islam mewarnai perkembangan Sumedang Larang. Ia sendiri kemudian masuk Islam dan menikah dengan Pangeran Kusumahdinata (1505-1579 M), yang terkenal dengan nama Pangeran santri, atau  Ki Gedeng Sumedang.

Pangeran santri yang memerintah Sumedang bersama istrinya, sambil menyebarkan islam ke seluruh wilayah kerajaan. Pangeran Santri adalah putra dari Pangeran Palakaran (Pangeran Pamalekaran / dipati tetarung), Putra Arya Dammar (Sultan Palembang). Ibunya  Ratu Martasari (Nyi Mas Ranggawuluung), anak  Syekh Maulana Abdurrahman (Sunan Panjuman) serta  cicit dari Syekh Datuk Kahfi, seorang ulama  keturunan Arab Hdramaut, yang berasal dari Mekah dan menyebarkan Islam di berbagai penjuru kerajaan Sunda. Pangeran Kusumah Dinata terkenal dengan nama Pangeran Santri karena  asalnya dari pesantren dan perilakunya yang sangat alim. Dengan pernikahannya tersebut, berakhirlah  masa kerajaan Hindu di Sumedang Larang. Dan sejak itu menyebarlah Islam di seluruh penjuru Sumedang larang. Ratu pucuk Umun  dimakamkan di Gunung Ciung Pasarean gede kota Sumedang. Dari hasil pernikahan antara Pucuk Umun dan Pangeran Santri melahirkan 6 orang putra, yaitu:

1)        Pangeran Angkawijaya, yang kemudian dikenal dengan nama Prabu Geusan ulun, yang menggatikan menjadi raja Sumedang Larang.          Ia merupakan  raja Sumedang Larang terbesar dan terakhir kerajaan Sumedang Larang.

2)        Kiai rangga Haji, yang mengalahkan Aria Kuda Panjalu dari Narimbang, supaya memeluk Islam.

3)        Kiai Demang Watang di Walakung

4)        Santowaan  Wirakusumah yang keturunannya berada di pagaden dan Pamanukan Subang.

5)        Santowaan Cikeruh

6)        Santowaan Awi Luar.

 

10.    PRABU GEUSAN ULUN (mp. 1579-1608 M).

Pangeran Geusan Ulun menjadi raja Sumedang Larang menggatikan ayah dan ibunya, Pangeran Santri dan Ratu Pucuk Umun pada tahun 1579 M. Ia menetapkan Kutamaya sebagai ibukotanya. Nama sebenarnya adalah Pangeran Angkawirya, dan kemudian bergelar Pangeran Kusumahdinata 2.

Pangeran Angkawijaya dilahirkan 3 Sukrapaksasrawamummasa 1480 Caka atau 3 Dzulkaidah 965 H Bertepatan dengan 20 Juli 1558 M. Geusan  Ulun dinobatkan jadi raja 1578 menggantikan ayahnya dan dikukuhkan pada 13 Angklapaksa Asyiyimasa 1502 Caka atau 10 dzulkaidah 998 H atau 18 November 1580.

 Ketika Kerajaan Pajajaran runtuh, kekuasaan Kerajaan Sumedang Larang dipegang oleh Pangeran Santri. Dan setahun setelah Pajajaran jatuh, Pangeran Santri menyerahkan kekuasaan pada anaknya, Pangeran Angkawirya. Penobatan Pangeran Angkawirya dilakukan oleh hampir seluruh rakyat pajajaran, setelah kerajaan itu jatuh  karena serangan tentara Banten, yang dipimpin oleh Sultan Maulana Yusuf. Gelar Prabu Geusan Ulun diberikan oleh rakyat Pajajaran, Geusan berarti Tempat, sedang ulun berarti bernaung, atau mengabdi. Penobatannya itu ditandai dengan diserahkannya mahkota kebesaran “Binokasih” yang terbuat dari emas bertahtahkan intan berlian pemberian Prabu Siliwangi Raja Pajajaran. Mahkota diserahkan oleh empat Kandagalante atau panglima perang yaitu Mbah Jayaperkosa (Sanghiyang Hawu), Mbah Nanganan (Batara Wiyatiwiradijaya), Mbah Terongpeot (Batara Pancarbuana) dan Mbah Kondanghapa.

 Wilayah kekuasaan Sumedang Larang meliputi  Kuningan, Garut, Bandung, Tasik dan Sukabumi (wilayah Priangan). Kecuali Galuh (Ciamis). Pada masanya kerajaan Sumedang mengalami kemajuan yang pesat  dibidang sosial, budaya , agama, militer dan pemerintahan. Tetapi ketika dianggap sebagai penerus kekuasaan dari Pajajaran, luas wilayahnya semakin luas. Di barat  berbatasan dengan sungai Cisadane, di timur berbatasan dengan sungai Cipamali (Brebes, Purwekerto, Cilacap, Banyumas), kecuali Cirebon dan Jayakarta, batas utara laut Jawa dan selatannya Samudra Hindia. 

Prabu  Geusan Ulun memiliki 3 orang istri, yang pertama Nyi Mas Cukang Gedeng Waru, putri Sunan Pada. Yang kedua adalah Ratu Harisbaya, yang berasal dari Pajang Demak, dan yang ketiga adalah Nyi Mas Pasarean. Dari ketiga istrinya tersebut, ia memiliki  20 orang anak. Istri pertama Nyi Mas Cukang Gedeng Waru mempunyai anak:

1)        Pangeran Rangga Gede, yang merupakan cikal bakal bupati Sumedang.

2)        Raden  Aria Wiraraja 1

3)        Kiai Kadu Rangga Gede

4)        Kiai Rangga Patra Kalana di Cunduk kayu

5)        Kiai Aria Rangga Pati di Haur Koneng

6)        Kiai Ngabehi Watang

7)        Nyi Mas Demang Cipaku

8)        Nyi Mas Ngabehi Martayuda di Ciawi

9)        Nyi Mas RanggaWiratama di Cibeureum

10)    Raden Rangga Nitinagara di Pagaden dan Pamanukan

11)    Nyi Mas Rangga Pamade

12)    Nyi Mas Dipati Ukur di Bandung

13)    Pangeran Tumenggung Tegal Kalong

14)    Kiai Demang Cipaku di Dayeuh Luhur

Istri kedua Ratu Harisbaya, mempunyai anak bernama Raden Suriadiwangsa, II (Rangga Gempol 1), Sedangkan Istri ke tiga Nyi Mas Pasarean mempunyai anak:

1)        Raden Kartajiwa.

2)        Raden  Mangunrana

3)        Raden Tampangkil

4)        Nyi Aden Sumalintang

5)        Nyi Raden Nustawiyah

Konflik Dengan Cirebon

Dalam upayanya memperdalam agama Islam, Prabu Geusan Ulun pernah ke Demak, yang diikuti oleh 4 perwira utamanya yang disebut Kandaga Lante. Setelah dari Demak, ia mampir di Cirebon Disini ia bertemu dengan penguasa Cirebon, Panembahan Ratu. Prabu Geusan Ulun  terkenal mempunyai perilaku yang santun, disamping  sangat tampan, sehingga disenangi penduduk Cirebon, termasuk prameswari Panembahan Ratu, yang bernama Ratu Harisbaya. Sang ratu sangat tertarik dan jatuh cinta  pada Geusan Ulun, sehingga ketika rombongan  Prabu Geusan Ulun pulang ke Sumedang, ia dengan tanpa sepengetahuannya ikut rombongan. Karena mengancam akan bunuh diri, akhirnya ia di bawa pulang ke Sumedang. Karena kejadian ini Panembahan Ratu marah besar dan mengirim pasukan untuk  merebut kembali  Ratu Harisbaya, sehingga terjadi perang antara Cirebon dan Sumedang.

Dengan penengah Sultan Agung dari Mataram yang meminta agar panembahan ratu menceraikan Ratu Harisbaya, yang aslinya berasal dari Pajang-Demak yang dinikahkan oleh sultan Agung dengan Panembahan Ratu. Panembahan Ratu bersedia dengan syarat  menyerahkan wilayah  barat sungai Cilutung (sekarang Majalengka) untuk menjadi wilayah Cirebon. Karena peperangan itu pula ibukota Sumedang Larang dipindahkan ke Gunung Rengganis, yang sekarang disebut dengan Dayeuh Luhur.  

Prabu Geusan Ulun merupakan raja terakhir Sumedang larang, karena penguasa  selanjutnya memilih menjadi  bagian dari Mataram dan pangkat raja turun menjadi adipati (bupati) pada masa pemerintahan Rangga Gempol I pada tahun 1620 M.

Untuk menjelaskan sejarah kerajaan Sumedang Larang tersebut diatas jika hanya menjelaskan setelah itu disuruh menghapalkan mungkin siswa khususnya anak milenial sekarang tidak kuat hapalan, apalagi untuk anak berkebutuhan khusus. Karakteristik anak milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi. Mengajar sejarah sebaiknya buat anak penasaran misalnya dengan menggunakan teknologi digital, media komunikasi  dan mengunjungi langsung musium-musium bersejarah, rasa penasaran akan membuat mereka menyukai sejarah. Tehnik mengajar sejarah seperti ini sangat tepat sekali terutama untuk anak berkebutuhan khusus.

Ketika saya mengajar sejarah tentang kerajaan Sumedang Larang dengan menggunakan youtube kemudian membawa mereka mengunjungi  musium Sumedang, minat mereka terhadap pelajaran sejarah meningkat. Bahkan mereka seperti hafal di luar kepala.  Siapa Pangeran Geusan Ulum, Pangeran Kornel, Prabu Tajimalela, Prabu Gajah agung dan lain-lain, serta hapal nama-nama jalan di kota Sumedang yang menggunakan nama-nama pangeran Sumedang. Bahkan salah satu siswa berkata kepada saya “bu nanti jika pelajaran sejarah kita menonton film Bandung Lautan Api di youtube, terus kita jalan-jalan ke kota Bandung melihat Tugu Bandung Lautan Api”.  Mengajar Sejarah harusnya bisa menanamkan semangat juang anak-anak untuk berjuang meraih impiannya. Guru bisa mengajak anak-anak dengan belajar dari Gajah Mada yang pantang makan buah palapa sebelum mempersatukan nusantara, atau soal  Bung Hatta yang pantang menikah sebelum Indonesia merdeka. Esensi dari belajar sejarah tak lain adalah menggali nilai-nilai dalam peristiwa sejarah atau belajar bagaimana tokoh sejarah menghadapi hidup dan membuat sejarah. Mudah-mudahan essay yang saya buat ini dapat menginsfirasi guru-guru lainnya.


                                                    Daftar Pustaka

Lukmantara, Adeng, (2016), Asal Usul Kerajaan Sumedang larang, https://emutmuchtar.wordpress.com/2016/04/20/asal-usul-kerajaan-sumedang-larang/,  25 Juni 2019, pukul 09.00 am

Menkominfo, (2019). Mengenal Generasi Millennial,

https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi-millennial/0/sorotan_media, 24 Juni 2019, pukul 08. 15 pm

 

Republika, (2016), Mengenal Generasi Millennial,

https://www.republika.co.id/berita/koran/inovasi/16/12/26/ois64613-mengenal-generasi-millennial, 24 Juni 2019, pukul 08.10 pm

 

Wijaya, Andi, (2017), Makalah, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus, http://andiwijaya4creg2017.blogspot.com/2017/06/makalah-karakteristik-anak-berkebutuhan.html, 25 Juni 2019, pukul 10.00 am

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Penggerak adalah agen-agen perubahan dalam dunia pendidikan

  OLEH  IDA LIANA Melalui Program Guru Penggerak, pendidik dapat meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada...